Melipir Sebentar ke Pulau Harapan

Rasanya sudah lama sekali saya tidak bermain ke pantai indah di Indonesia tercinta. Padahal kalau dihitung juga baru 2 bulan saja lho, tapi kangennya itu tidak tertahankan, (maklum anak gunung) hehe…

Kemarin awal Oktober 2015 saya dan teman-teman hebat berkesempatan mengunjungi segelintir pulau yang ada di kepulauan Seribu. Sebenarnya jumlah pulau disini tidak mencapai seribu, mungkin karena banyaknya pulau dengan ukuran kecil, sedang dan besar makanya dinamakan Kepulauan Seribu (menurut Jakarta.go.id jumlahnya sekitar 110 pulau). Oke, jadi kita ke sana dengan ikut Open Trip-nya Jaboy Adventure. Meeting point adalah di pelabuhan Kali Adem Muara Angke pukul 06.00 WIB. Begitu sampai di pelabuhan, aroma-aroma yang tidak bisa terdeskripisakn itu langsung nangkring di kedua lubang hidung saya, lebay, haha… Suasana pagi di pelabuhan sangat ramai, padat merayap. Saya heran jumlah wisatawan domestik dan manca atau warga kep.seribu yang mau menyeberang saat itu memang banyak sekali. Sempat terpikir, bagaimana kalau jumlah wisatawannya dibatasi saja ya supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi, hehe… Apakah keindahan kepulauan di utaranya Jakarta ini benar-benar worth it? Oke… lets see…

Ramainya pelabuhan
Ramainya pelabuhan

Sekitar jam 8 pagi kapal yang mengangkut ratusan wisatawan ini berangkat. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 3,5 jam ini sukses besar membuat saya mual bahkan beberapa penumpang yang saya lihat ada yang mabok bertubi-tubi juga, saya hanya bisa merem melek pasrah. Dan ketika kapal bersandar di pulau, alhamdulillah penderitaan pagi itu sudah berakhir, haha… Kita semua pun turun di Pulau Harapan, tunggu, ternyata bayangan saya tentang pulau kecil yang tidak begitu ramai pun sirna. Disini jumlah warganya sudah banyak, rumah berjejer dimana-mana, penjual makanan ringan, kelontong pun juga ada dimana-mana, super sekali, jadi kita tidak usah kuatir masalah perut. Dan pulau harapan ini adalah semacam pulau transit, yang menarik dinikmati yaitu lebih kepada pulau-pulau disekitarnya.

Setibanya disana kita langsung digiring ke homestay tercinta. Alhamdulillah ber-AC dan rumahnya pun bersih, jadi tidak usah bingung masalah kenyamanan untuk istirahat. Setelah isoma, pukul 13.30 WIB kita langsung bergegas menuju destinasi pertama yaitu menuju spot snorkeling di Pulau Kayu Angin. Kondisi karangnya masih terawat walaupun tidak terlalu bervariasi jenisnya, ikan juga ada tetapi tidak banyak yang berseliweran. 30 menit snorkeling disini kita melanjutkan ke spot snorkeling kedua yaitu di Pulau Bintang. Nah, kalau disini jumlah ikannya lebih banyak, karangnya juga tidak berbeda jauh dengan spot pertama tadi, masih terawat🙂

Pulau Kayu Angin
Pulau Kayu Angin
Spot snorkeling
Spot snorkeling
sepi ikannya | shoot by jaboy adv.
sepi ikannya | shoot by jaboy adv.

Selesai snorkeling kita menuju spot berikutnya yaitu pulau Dolphin. Disini ada penjualnya lho, jadi bisa santai-santai sambil ngemil yang dijual si ibuknya. Pulau Dolphin ini bagus, airnya jernih, gradasi warnanya juga bagus, ombaknya nyantai, dan banyak yang bisa dibuat spot selfi, ups.

Pulau Dolphin
Pulau Dolphin
View pulau Dolphin lainnya
View pulau Dolphin lainnya
santai saja | shoot by: jaboy adv.
santai saja | shoot by: jaboy adv.

Puas bermain di pulau Dolphin kita melanjutkan ke spot berikutnya yaitu Pulau Gosong. Uniknya dari pulau ini adalah hanya muncul sewaktu air surut. Jadi bisa dibayangkan bersih dan halusnya pasir di pulau ini.

ini bisa jadi pulau terpadat di dunia :D
ini bisa jadi pulau terpadat di dunia😀
Rombongan Open trip
Rombongan Open trip

Dan tujuan terakhir hari ini adalah pulau Bira untuk menikmati senja di kep. Seribu. Asik juga sih tempat-tempat disini karena kebanyakan dermaganya terbentang jalan kayu yang panjang, jadi bisa banget gulung-gulung sambil menikmati sunset. Atau hanya sekedar gulung-gulung di pasirnya yang lembut🙂

awalnya sih bulet tapi semakin turun semakin ketutup awan
awalnya sih bulet tapi semakin turun semakin ketutup awan
Menikmati sang senja
Menikmati sang senja

Begitu matahari sore turun kita langsung bergegas pulang. Bersih diri, makan malam dilanjutkan dengan BBQ party sebagai penutup hari ini. Ikan tongkol yang segede lengan, cumi yang tipis-tipis dengan bumbu kecap pedas yang aduhai ditambah lagi dengan sebuah degan utuh, bener-bener mantap🙂

BBQ Party
BBQ Party

Keesokan paginya, saya sudah berada di tepi pantai sambil memegang kamera tercinta tapi apalah daya matahari sedang malu-malu menutupi dirinya dengan gumpalan awan. Namun begitu suasana pagi disana benar-benar enak untuk dinikmati.

matahari pagi yang sudah tinggi
matahari pagi yang sudah tinggi

Sekitar pukul 07.00 WIB kita semua sudah lengkap berkumpul di dermaga untuk melakukan kegiatan hopping island terakhir. Kita juga sudah check out dan mengepack barang masing-masing. Sarapan pun akan disantap di salah satu pulau disana nantinya.

Tujuan pulau pertama yaitu ke Pulau private (tidak bisa menyebutkan namanya demi kemaslahatan bersama). Disini kita menyantap sarapan yang tadi dibawa. Dan juga berfoto-foto sebentar saja. Oh ya, pulau ini adalah pulau yang sudah dimiliki orang sesuai sebutannya tadi. Saya kurang begitu paham kenapa pulau ini bisa jadi dan menjadi seperti ini. Yang jelas pulaunya bersih dan indah.

Pulau Privat
Pulau Privat
Pulau Privat
View Pulau Privat Lainnya
Sarapan pagi
Sarapan pagi
“kursi sendirian”

Beranjak dari pulau pertama kita menuju pulau kedua yang menjadi penutup open trip kali ini yaitu ke Pulau Perak. Nah kalau disini sudah jelas, untuk memasuki area pulau kita dikenakan retribusi. Mungkin sampai dikenakan retribusi karena memang keindahan pulau perak ini. Yang bisa dilakukan diantaranya, tiduran santai di pinggir pantai, ngemil di warung ibu-ibu, ngopi-ngopi, dan kegiatan paling favorit disini adalah main ayunan. Kita menghabiskan banyak waktu disini sampai puas.

pulau perak dengan pasir putihnya
pulau perak dengan pasir putihnya
“ayunan sendirian”
akankah? | credit to riza
akankah? | credit to riza
yang asik dilakukan di pulau perak
yang asik dilakukan di pulau perak | credit to riza

Selesai mengunjungi pulau terakhir kita bergegas kembali ke pulau harapan dan pulang, bersiap-siap menghadapi ombak kapal selama 3.5 jam lagi, haha..

Terima kasih buat teman-teman open trip nya ya, lain kali jalan-jalan lagi🙂

family
family

*Biaya open trip sekitar Rp 400.000 sudah include semua. kalau berminat langsung aja ke instagramnya Jaboy Adventure atau hastagnya #jaboyadventure, disana sudah banyak ditawarkan paket open trip dan juga CP nya.

*Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Pulang hanya membawa foto dan sampah kita, lebih baik lagi sampah di sekitaran kita😀

Terima kasih🙂

9 thoughts on “Melipir Sebentar ke Pulau Harapan

  1. huwaaaaaa itu peserta open tripnya ganteng ganteng cantik cantik ya… kayaknya perlu dibikin open trip bareng lagi deh, kan pulaunya masih banyak yang belum dikunjungi hehe

  2. Dan ini dekat dengan Jakarta, somehow saya agak takjub melihat di tempat ini masih ada objek wisata yang bersih dan punya pemandangan laut yang mengagumkan, juga pemandangan matahari terbenam yang jawara :hehe. Ayunan dan terapung di atas kasur angin itu juga seru yak :hehe. Boleh nih sekali-kali dicoba :)).

  3. Lumayan akeh ya pilihan island hopping Kep.Seribu sekarang, mbiyen cuma terjebak trip ke Pulau Pramuka en Tidung yang ramainya lebih mengerikan, sampahnya pun lebih hiiii mrinding haha. Kuamati pantai-pantainya di pulau yang dirimu kunjungi masih bersih, tapi pnasaran… air laute bau sampah atau amis ala laut alami bro?

  4. Wah.. penasaran jadinya sama p.pramuka sm tidung sberapa bersihnya.. hehe.. kalo kemarin untuk hopping island emng pulaunya masih bersih2, cuman d pulau transitnya aja yg byk sampahnya.. heheh.. kalo air laut masih alami bro.. soalnya ini jaraknya lmyn jauh sm jkt..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s