BLITAR, Memanjakan Mata di Rambut Monte hingga Salto di Kedung Malang (II)

Rasa kegerahan yang melanda harus segera di selesaikan dengan seksama dan sesingkat-singkatnya (?) haha… Kita berlima segera menuju tempat tujuan berikutnya yaitu ke Kedung Malang. Lokasi Kedung Malang ini ternyata bisa dibilang sangat jauh dari Rambut Monte. Iya secara Rambut Monte berada di Anak Gn. Kelud (ujung utara Blitar) dan Kedung Malang berada di dekat pesisir pantai selatan Blitar (ujung selatan Blitar).

Lokasi Kedung Malang ini sebenarnya belum begitu terkenal di kalangan pelancong-pelancong dalam dan luar negeri, haha.. Dibuktikan dengan tidak adanya sama sekali papan petunjuk jalan untuk menuju lokasi. Hanya berbekal blognya mas mbak travellers2009 dan bertanya dari mulut ke mulut akhirnya kita bisa sampai di lokasi dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Salah arah, salah belok dan kebablasan adalah hal lumrah yang kita hadapi, hehe… Tapi dengan perjuangan itu kita bisa sampai dengan selamat, alhamdulillah.

Untuk lebih mudahnya jika kita tempuh dari Kota Blitar, arahkan kendaraan menuju Pantai Tambakrejo. Nanti di pertigaan terakhir, jika lurus adalah ke pantai, maka kita pilih belok kanan saja menuju Desa Maron/ Goa Embultuk. Sebagai penanda kalau kita sudah mendekati lokasi Kedung Malang adalah kita sudah sampai di Monumen Trisula, Kec. Bakung. Dari sana nanti kita tinggal belok kanan lalu tinggal bertanya warga saja dimana lokasinya berada. Dan akhirnya kita sudah sampai di gang menuju surga kecil itu, kita memarkirkan motor di sebuah rumah warga yang juga menjual bensin. Lokasi rumah ini persis di depan gangnya.

atas: gang Kedung Malang | bawah: rumah warga
atas: gang Kedung Malang | bawah: rumah warga

Kedung Malang, arti kedung sendiri adalah sebuah kolam/ kubangan yang berada di aliran sungai. Kedung Malang ini bisa masuk kategori sungai dan air terjun. Karena di sana juga banyak air terjun yang tumpah-tumpah, hehe… Dengan landscape batuan kapur dengan air kedung yang hijau membuat tempat ini istimewa. Tapi hal yang perlu diperhatikan adalah kita harus berhati-hati sekali jika sedang bermain air disini, karena kondisi batuannya yang kena air sehingga membuatnya jadi licin, salah pijakan nanti bisa terpeleset dan jatuh. Pokoknya harus hati-hati ya. Tempat ini tidak direkomendasikan buat bermain anak-anak kecil.

Dengan berjalan kurang lebih 10 menit kita sudah sampai di lokasi. Speechless, susah diartikan saking kagumnya dengan tempat ini. Cek TKP!

Surga kecil dari Blitar, hehe
Surga kecil dari Blitar, hehe
kedung yang cemplungable
kedung yang cemplungable
Kedung Malang
Kedung Malang
kedung yang lain
kedung yang lain
Kedung Malang dari atas
Kedung Malang dari atas

Banyak hal yang bisa kita lakukan disini, ada yang bersalto ria, bercengkerama dengan aliran airnya, berkubang di jacuzzi ala Kedung Malang, hingga massage alami dari aliran sungainya, hahah.. Seru sekali. 2 jam kita habiskan disana sebenarnya kurang tapi karena sudah sore dan disana juga tidak ada seorang pun kecuali kita berlima, akhirnya kita menyudahi aktifitas sore itu. Sebenarnya kalau mau mendapat bonus lagi, kita bisa melanjutkan perjalanan lagi yaitu menuju Gua Embultuk dan menyaksikan sunset di Pantai Tambakrejo karena searah. Tapi kita tidak kepikiran, malah pengen pulang soalnya kelihatan kalau kita sudah mulai lelah, hehe…

byur | shoot by: mas odik
byur | shoot by: mas odik
byur byur able | shoot by: mas odik
byur byur able | shoot by: mas odik
massage ala-ala Kedung Malang | shoot by: rony
massage ala-ala Kedung Malang | shoot by: rony
jebyurable | shoot by: mas odik
jebyurable | shoot by: mas odik
take a deep breath | shoot by: alwan
take a deep breath | shoot by: alwan
pose2 menunggangi kuda, haha | shoot by: mas odik
pose2 menunggangi kuda, haha | shoot by: mas odik
tri idiot, haha | shoot by: risky
tri idiot, haha | shoot by: risky

Di parkiran motor, kita menyempatkan ngobrol-ngobrol sebentar dengan pemilik rumah. Dan dapatlah sebuah cerita sekilas tentang Kedung Malang. Kedung Malang ini bisa terkenal adalah salah satunya karena tim SAR (search and rescue). Jadi dahulu kala, ada seorang wanita yang hilang di sebuah tempat, ntah hulunya/ atasnya sungai Kedung Malang ini. Lalu tim SAR mulai menyusuri sungai dari atas hingga bawah tetapi si wanita itu tidak ketemu. Jadi sebenarnya tidak diketahui secara pasti, ntah wanita ini hilang di sungai/ hilang dimana (?). Lalu dalam pencarian itu hikmahnya adalah tim SAR tersebut bisa menemukan tempat yang indah dan mulai meramaikan Kedung Malang ini. Sebenarnya bukan menemukan sih, karena yang menemukan pastinya warga desa sana, hehe… Salah satu orang di tim SAR tersebut mulai memperkenalkannya dengan nama Tirto Galuh. Tirto yang berarti air, Galuh yang diambil dari nama putri dari salah satu orang tim SAR tersebut. Jadi nama Kedung Malang/ Tirto Galuh adalah satu tempat yang sama. Yang jelas tempat itu adalah sebuah surga kecil di Blitar. Kita sebagai penikmat alam harus benar-benar ikut menjaga dan melestarikannya. Semoga Kedung Malang kedepannya tetap menjadi tempat yang indah.

we're five
we’re five

Thanks to: Rambut Monte, Kedung Malang, Mas Odik, Alwan, Risky, Rony.

17 thoughts on “BLITAR, Memanjakan Mata di Rambut Monte hingga Salto di Kedung Malang (II)

  1. hahah, makasih byk travellers2009.. kemarin sewaktu ngobrol dengan pemilik parkiran juga ngomongin sampean.. wah, keren ya sampe diingat begitu..

  2. Cakep banget Kedung Malang ini Mas!
    What a hidden paradise. But it is a paradise also because it’s hidden!
    Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa ke Blitar dan sempat tandang di sana😀

  3. Kemarin kami barusan opentrip ke pantai ngadipuro. Bulan depan kalau ada lagi ikut aja. Biasanya di share di twitter atau fb.

  4. Meski ada cerita serem, entah mbak yang hilang dimana, atau mungkin hilang di kedung…. tapi ini kerennn pake banget kolam renangmu, bro… jadi pingin ikut nyemplung hahaha.
    Suk anterin ke sana ya😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s