BLITAR, Memanjakan Mata di Rambut Monte hingga Salto di Kedung Malang (I)

Mungkin 2 weekend di Januari ini adalah bonus perjalanan travelling saya di awal tahun 2015. Weekend yang pertama, saya bisa menikmati keeksotisan Air Terjun Pantai Pelang di Trenggalek (cek disini). Dan weekend kemarin saya bisa menyaksikan keindahan 2 tempat yang sungguh memanjakan mata dan badan ini yaitu Wisata Cagar Budaya Rambut Monte dan Kedung Malang yang berada di Blitar, kota Patria.

Perjalanan dari Kediri menuju Rambut Monte kurang lebih 2,5 jam. Untuk lokasi Rambut Monte sendiri adalah berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Blitar. Sebagai penanda dari tempat tujuan, nanti kalau sudah melewati SMPN 1 Gandusari berarti kita tinggal lurus dan ada pertigaan kecil nanti belok kiri (sudah ada papan petunjuk arahnya). Untuk HTM hanya perlu merogoh kocek Rp.3000 per orang dan parkir motor Rp.1000.

Di dekat parkiran terdapat sebuah candi yang ukurannya lumayan kecil, sayang waktu saya kesana, masih ditutup pagarnya, jadi cukup melihat dari luar saja.

Candi di kawasan Rambut Monte
Candi di kawasan Rambut Monte

Melihat telaga dari atas saya langsung dibuat kaget karena kondisi asli dibandingkan dengan foto-foto yang ada di mbah gugel jelas sangat berbeda. Pada foto yang ada di eastjava.com, di sekitar telaga terdapat gubuk tua yang menjorok ke dalam dan di sekitarnya tidak ada bangunan apa-apa lagi (sangat alami). Nah, yang kemarin itu kondisinya sudah terdapat 2 warung dan gubuknya tadi disulap menjadi bangunan setara 2 lantai tapi belum jadi. Sedih deh jadinya, oke lupakan! Sisi positifnya, karena bangunan yang tadi masih dibangun itu, kita bisa melihat telaga dari atas dan menurut saya merupakan tempat yang sangat cocok untuk melihat sumber warna biru tosca yang sangat menyejukkan mata dan hati :*. Mungkin kalau bangunan sudah jadi, indahnya akan berasa lebih, ahh, suatu saat harus kesini lagi. Buat saran bagi pengelolanya, mungkin warung-warung yang ada di sekitar telaga dipindah ke atas saja ya, biar pemandangannya lebih cantik🙂.

Kondisi Rambut Monte yang masih bebas warung | sumber: www.eastjava.com
Kondisi Rambut Monte yang masih bebas warung | sumber: http://www.eastjava.com
tampak bangunan berlantai 2 yang belum jadi
tampak bangunan berlantai 2 yang belum jadi
Si tenda biruuu
Si tenda biruuu
View dari atas bangunan
View dari atas bangunan
Ini dilihat dari lantai dasarnya
Ini dilihat dari lantai dasarnya

Di Telaga Rambut Monte terdapat Ikan Sangkuriang atau orang-orang sekitar menyebutnya Ikan Dewa. Ikan ini tidak boleh dipancing, apalagi di tangkap dengan jala. Larangan lainnya adalah kita tidak boleh membuang sampah sembarangan, tidak boleh corat-coret di pohon/ bangunan di sekitarnya, dan tidak boleh mandi di telaga ini (Catet ya yang mau kesana).

Penampakan sang Ikan Dewa
Penampakan sang Ikan Dewa
Beberapa ikan sangkuriang di telaga
Beberapa ikan sangkuriang di telaga

Tapi santai saja bagi yang ingin mandi akan disediakan kolam disebelahnya telaga persis (cuman sewaktu saya kesana kemarin kondisinya kotor tidak layak untuk dibuat mandi).

Ini kolam di sebelah telaga yang bisa buat mandi
Ini kolam di sebelah telaga yang bisa buat mandi

Nah kalau masih ngebet pengen mandi coba nanti jalan sebentar sekitar 100 meter dari telaga ada sebuah Bendungan Sumber Air Dandang atau mudahnya disebut Bendungan Rambut Monte yang menurut saya tidak kalah bagusnya dengan Telaga Rambut Monte. Kalau di telaganya, warna biru tosca berada di tengah-tengah telaga, nah kalau di bendungan ini, semua warna airnya biru tosca, ahhh bening luar biasa pokoknya! Kata salah seorang warga desa, tidak apa-apa untuk mandi disana, yang tidak boleh hanya mandi di Telaga Rambut Monte. Sewaktu saya disana juga ada anak-anak yang sedang asyiknya mandi. Tetapi menurut saya sendiri alangkah baiknya jika kita TIDAK mandi di bendungannya, mandi cukup di aliran sungai di bawah bendungan persis. Bayangkan saja jika ada orang 20/ 30/ lebih yang mandi di bendungan, nanti pasti airnya jadi tidak bening lagi, semoga kedepannya juga ada larangan untuk tidak mandi di bendungannya, amin. Jadi mandi hanya di aliran sungai/ kolamnya saja lho ya jangan di bendungan ataupun telaganya.

Bendungan Sumber Air Dandang
Bendungan Sumber Air Dandang
cemplungable, jebyurable, loncatable, haha (tp jangan mandi di bendungan ya)
cemplungable, jebyurable, loncatable, haha (tp jangan mandi di bendungan ya)
Aliran arus dari bendungan
Aliran arus dari bendungan
Sumber dari bendungan
Sumber dari bendungan
Berjalan-jalan | shoot by: Alwan
Berjalan-jalan | shoot by: Alwan

Di Bendungan Rambut Monte juga terdapat beberapa ikan, cuman ukurannya tidak sebesar yang ada di Telaga Rambut Monte. Karena melihat dua “kolam air” yang bening-bening tadi hasrat untuk mandi pun memuncak tapi saya tahan karena masih ada tempat kedua yang harus jadi tempat mandi saya, hehe (ketawa evil).

To be continued

10 thoughts on “BLITAR, Memanjakan Mata di Rambut Monte hingga Salto di Kedung Malang (I)

  1. Kira-kira bangunan berlantai dua yang sedang dibangun itu apa ya, Mas? Semoga tidak merusak lansekap asli dari telaga itu sendiri. Kasihan banget kalau bentukan telaganya berubah gara-gara ada bangunan itu, apalagi kalau ikan-ikannya kenapa-napa :sedih

    Wow, itu sumber airnya asli dari sana. Kalau di tempat saya, sumber mata air seperti itu namanya “kelebutan” :hehe.

  2. Tiap kali baca tulisanmu selalu menarik untuk diikuti dan membuat orang penasaran untuk ikutan kesana, sukses selalu bro and keep on write 😄

  3. #masGara bangunan yang sedang dibangun itu dibuat tempat melihat telaganya mas, iya, landscapenya sih pasti berubah, tapi semoga tetap bagusdan kelihatan alami..
    iya sumbernya asli dari sana, baru kemarin itu saya bisa lihat sumber mata air langsung, kerenn..

  4. #masHalim heheh, mandinya jangan di sekitaran rambut monte mas, aliran sungainya gak begitu besar juga.. kalau mau basah-basahan nanti di postingan berikutnya ya, ahaha😄

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s