Trip Kilat ke Baluran dan Air Terjun Blawan

Sabtu sekitar pukul 23.00 malam, saya sudah berada di perempatan Gedangan (Sidoarjo) untuk menunggu rombongan trip berkumpul. Dan satu persatu berdatangan, salam kenal dan basa basi adalah hal yang lumrah dilakukan seorang insan manusia untuk memulai sebuah percakapan, haha…

Dan sekitar pukul 24.00 kurang sedikit kita berangkat, awalnya sih lancar-lancar saja, tetapi di seperempat perjalanan sudah ada yang menghadang, yak, macet parah banget ternyata gara-gara banjir di daerah Pasuruan. Satu jam-dua jam dan dua jam setengah akhirnya mobil kita bisa lolos dari kemacetan, yeah!! Lanjut tidur lagi😀

Sekitar jam setengah 6 pagi kita istirahat sebentar di daerah Probolinggo, meluruskan kaki-kaki dan meluruskan muka juga yang udah kusut :p. Lalu kita melanjutkan perjalanan lagi, melewati Paiton, Pantai Pasir Putih Situbondo hingga kita akhirnya sampai di Desa Kalianyar (Blawan), Bondowoso sekitar pukul 09.00. Alhamdulillah, 9 jam an kita lalui aktifitas diatas mobil yang nyaman. Saya menyempatkan membeli pentol khas sana karena perut sudah kebanyakan makan angin, rasanya tidak terlalu beda jauh dengan yang ada di Kediri.

Dan mulai lah kita mengeksplore indahnya Air Terjun Blawan. Oh ya, disini terdapat juga pemandian air panasnya lho, jadi yang merasa badannya pegel-pegel bisa dicoba mandi disini.

Salah satu aliran air panas
Hanya lorong sempit ini untuk bisa melihat derasnya debit air di air terjun
Mbak ati-ati nanti nyemplung :D
Mbak ati-ati nanti nyemplung😀

Selesai eksplore tempat ini kita solat dhuhur dan makan siang, untuk pilihan menu makanannya tidak banyak, hanya ada lalapan ayam/ telur goreng dan mie goreng/ kuah. Lalu sekitar pukul 12.00 kita melanjutkan perjalanan lagi menuju Baluran. Di tengah-tengah perjalanan kita melewati petani madu dan beberapa teman ada yang membeli untuk oleh-oleh, sekalian meluruskan kaki lagi, haha…

Sarang lebah yang nantinya bisa diproses jadi madu
Mas Dewa (yang ngordinir kita serombongan)

Pukul 15.00 sampailah kita di gerbang Taman Nasional Baluran. Dan ternyata oh ternyata, untuk menuju Savana Bekol masih jauh, haha.. sekitar pukul 15.40 kita baru sampai di Bekol. Karena hari itu mendung dan masih ramai pengunjung, jadilah saya hanya mendapat sedikit foto, mau moto ini bocor, moto itu bocor, bocor bocor dan bocor deh. Tetapi view nya sudah bagus walaupun Bekol kemarin tidak seperti Avrica Van Java dimana warna tumbuhan kontras dengan warna gunung.

Gak ada sepinya tulisan Bekol ini, haha
Sebenarnya, mendungnya dramatis lho :*
Sejauh kaki melangkah | Talent: Eno
Rusa-rusa yang menghibur saya XD
Rusa-rusa yang menghibur saya😄
Monyet disini banyak dan tidak nakal
Elu lagi nyet
Candid | Shoot by Eno
Tengkorak Kerbau kalau bukan Banteng
Ntah usianya sudah berapa puluh tahun
Avrica Van Java

Kemarin saya sempet kecewa sih karena ekspektasi saya akan tempat ini nantinya bakalan menjumpai banyak hewan, ternyata disana saya hanya menjumpai sekumpulan rusa dan monyet, monyet lagi monyet lagi, haha.. Mungkin harus jam-jam dan tempat-tempat tertentu kita baru bisa menjumpainya. Kalau dipikir-pikir memang harus begitu sih, kan hewannya semua liar, jadi kalau ada suara mesin mobil/ gaduh pasti pada menjauh. Next time deh kesini lagi di musim kemarau dan harus ketemu banteng, hehe…

2 km dari Bekol kita menuju Pantai Bama. Di pantai ini sebenarnya kita bisa snorkeling dan canoing, tetapi berhubung sudah sore jadilah kita hanya melihat pantainya saja. Pasirnya pun tidak putih dan warna airnya biasa saja. Mungkin disisi lainnya ada yang lebih bagus (lagi-lagi next time harus dicoba).

Welcome to Bama Beach
Penampakan pantai Bama
Teman perjalanan yang asik | Orik & Eno
Terimakasih elf merah yang sudah mengantarkan kita sampai ke ujung Situbondo

Akhirnya usai sudah trip kilat saya kemarin. Terimakasih banyak kepada teman-teman yang ikut dalam trip (Mas Dewa, Orik, Eno, dan semuanya). Sampai tulisan ini selesai dibuat, saya masih aja cekikikan, baru pertama kali bisa telat ngantor sampe 30 menit gara-gara bangun kesiangan (tidak untuk ditiru), secara.. sampe kosan saja jam 5 subuh, haha (alesan).

*untuk total pengeluaran, saya hanya habis 135.000 rupiah saja, makan minum belum termasuk.

12 thoughts on “Trip Kilat ke Baluran dan Air Terjun Blawan

1. Setelah lihat penampakan air terjunnya, ternyata aku udah pernah ke Air Terjun Blawan hehehe. Dulu pernah nginap di homestay dekat sana, Catimor sebelum lanjut ke Kawah Ijen😀

2. haha, ternyata udah kesana duluan… enaknya sampe nginep, tapi lain kali emang harus kesana lagi mas. ke kawah ijen dan baluran pas musim kering.

3. Izin komen panjang (komentar saya memang biasa panjang):
    1. Weh, Rp135k di luar makan minum itu is indeed affordable *mesti yang pertama diliat itu biaya*.
    2. Itu mendungnya spektakuler banget :speechless. Benar-benar tampak seperti sabana dengan satu pohon meranggas di kejauhan.
    3. Tengkorak hewan itu memang sengaja ditaruh di situ? Buat apa?
    4. Buat saya, laut dan pantai itu memang luar biasa indahnya :kagum

4. hehe.. gpp mas..
    1. iyap, 135rb kemarin malah sisa 10ribuan gitu, hehe
    2. ho oh mas, mendung yang gak diduga-duga, jadi pas kesana gak kefanasan deh, cuman gak enaknya ya gak dapet langit birunya🙂
    3. emang sengaja, itu tengkorak2 hewan yg sudah mati, mungkin dibuat hiasan aja spy menarik hati siapa saja yg melihatnya😀
    4. tambahin juga kalo gunung juga luar biasa🙂

trims sudah mampir ke blog sya mas gara