Menengok Candi yang ada di Malang

Candi, mendengar kata itu yang terbayangkan di benak kita adalah bangunan atau benda yang terbuat dari batu dan berasal dari ratusan tahun yang lalu. Rupanya di Malang, Jawa Timur disamping kaya akan wisata alam juga banyak terdapat candi. Vacation saya kali ini mengunjungi beberapa candi yang terdapat di Malang, yaitu Candi Kidal, Candi Jago, dan Candi Sapta.

Candi Kidal, candi ini berada di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang. Untuk menemukan candi ini tidaklah susah karena lokasinya berada di tengah-tengah perkampungan. Juga banyak penanda yang menunjukkan tempat ini. Jika ditempuh dari kota Malang hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Katalog Sejarah Candi Kidal (ms. chafid collection)
Candi Kidal di musim kemarau
Candi Kidal dari dekat
Berpose di depan Candi Kidal (ms. chafid collection)

Candi berikutnya yaitu Candi Jago. Candi ini terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang. Lokasinya cukup dekat dengan Candi Kidal. Candi Jago ini ukurannya lebih besar daripada Candi Kidal dan Candi Sapta. Jika ditempuh dari kota Malang kurang lebih membutuhkan waktu satu jam.

Katalog Sejarah Candi Jago (ms. chafid collection)
Taman Candi Jago yang sangat tertata rapi
Candi Jago yang besar (model: adi)

Candi selanjutnya yaitu Candi Sapta. Berada di desa Bayem Kecamatan Kasembon. Sebenarnya candi ini hanya berupa patung/ stupa dan beberapa batu-batuan disekitarnya saja. Dulunya berjumlah tujuh patung, tetapi kian lama, patung berkurang menjadi 6. Dan parahnya, hanya satu diantara 6 itu yang masih utuh. Patung lainnya tinggal separuh badan tanpa kepala, padahal sekitar 12 tahun yang lalu jumlah patung di Candi Sapta ini masih lengkap dan utuh. Walaupun begitu lingkungan di sekitar candi masih sangat bersih dan tenang, masih banyak pohon dan burung-burung yang berkicauan. Berbeda dengan dua candi di atas yang berada di tengah perkampungan.

Tampak dari depan Lokasi Candi Sapta
Tampak beberapa batuan dan patung
Bebatuan dengan latar gunung
Rusaknya Candi Sapta ;(

Ada baiknya kita sebagai generasi dari nenek moyang mengetahui sejarah-sejarah para pendahulu. Selain menambah pengetahuan juga bisa membantu merawat warisan bangsa ini. Terimakasih🙂

2 thoughts on “Menengok Candi yang ada di Malang

  1. paling suka sama sudut pengambilan gambar taman Candi Jago! hihi eh, ke Candi Sapta yuk… hihi pengen deh explore kasembon sembari nostalgia masa kecil kita.

    nice share, keep posting😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s