Kota Tapal Kuda (Jember) II

Minggu pagi sekitar pukul 05.45 WIB kita melanjutkan perjalanan menuju sisi lain kota Jember di pagi hari. Di Jember tiap hari Minggu diadakan “car freeday” di sekitar alun-alun. Setelah parkir mobil, kita terlebih dahulu menjajal kuliner lain di Jember yaitu Nasi Pecel Walisongo, lokasinya tidak jauh dari alun-alun. Walaupun nasi pecelnya gak beda jauh dengan yang lain tapi rasanya enak, mungkin ini salah satu nasi pecel terenak saya selain nasi pecel tumpang, hehe.. Selesai makan, kita berjalan menuju alun-alun. Oh ya, di sini juga ada masjid yang unik. Namanya Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember. Kenapa unik karena bangunan kubahnya menyerupai “wajan terbalik” dimana diatasnya ada lancipan-lancipan yang tinggi. Lucu juga, hehe..

Masjid yang unik

s_info: dua tempat kuliner di Jember yang saya kunjungi, bangunannya semi permanen karena penjual menjajakan masakannya itu di gang-gang pertokoan. Begitu juga gang-gang lain, kebanyakan juga dibuat sebagai jualanan makanan. Jadi wisata kuliner saya di Jember ini serasa berbeda dengan wisata kuliner yang lain. Istimewa😀

Suasana car freeday Jember pagi itu sangat meriah, di tengah lapangan banyak warga yang bersenam dengan senyum semangatnya sambil diiringi musik yang sangat keras, hingga dari sudut alun-alun manapun kita bisa mendengarnya😀. Pastinya juga banyak yang lari pagi dan bersepeda. Sayangnya saya gak bawa sepeda, haha.. Ada juga semacam pasar minggu di sisi jalan lain. Pokoknya rame sekali pagi hari itu. Kita juga sempat berfoto-foto di istana negara kota Jember, hehehe.. Nama gedungnya “Wahya Wibawa Graha”. Presiden SBY sudah pernah 2 kali menginap disini, pun demikian Bapak JK pernah 1 kali menginap disini. Bangunannya berseberangan dengan alun-alun, dan bersebelahan dengan Kantor Pos Jember.

Suasana car freeday di Jember
Gedungnya berada di belakang tulisan, haha

Selesai dari alun-alun Jember kita menuju Taman Botani Sukorambi. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun Jember. Untuk HTM membayar IDR 6,000. Disini akan banyak kita jumpai berbagai macam jenis tanaman dengan nama-nama latinnya yang akan sangat asing di telinga. Di tempat wisata Taman Botani tidak hanya menyuguhkan aneka jenis tanaman tetapi juga ada banyak arena kolam renang dan wahana permainan lainnya seperti flying fox, kano, dan berkuda. Uniknya dari tempat wisata ini adalah adanya kolam renang “muslimah”. Only women yang bisa masuk kolam ini, hehehe.. Laki-laki dilarang keras memasukinya #lebay. Kolam renangnya pun dibuat indoor. Tapi untuk masuknya juga harus membayar tiket lagi. Selain itu saya juga menemukan aneka tanaman obat herbal. Ada juga pondok-pondok peristirahatan yang terbuat dari kayu-kayu yang nyaman untuk beristirahat, kami pun mengisi tenaga di pondok ini dengan disambut oleh angin yang sepoi-sepoi, sejuukkk..

Taman Botani Sukorambi
Taman Botani Sukorambi II
Salah satu kolam ikan dengan koi yang gedhe-gedhe
Wajah disamarkan, haha.. fokus ke kolam renang birunya
Pondok peristirahatan yang nyaman buat leyeh-leyeh

Setelah mengubek-ubek Taman Botani, kita memutuskan untuk pulang. Sampai di rumah Aril kita membersihkan diri, dan disuguhi makanan lagi, hahaha… Kenyang-kenyang deh pagi itu. Terimakasih ya Aril. Terimakasih juga buat Keluarga Aril. Sayang pas ke Jember gak bisa ketemu sama “dia” Ril #upss.. Hahaha.. Jadilah saya dan Adi melanjutkan perjalanan menuju Kota Malang tercinta. Bye-bye Jember😀

4 thoughts on “Kota Tapal Kuda (Jember) II

1. itu sebutan saja sih, temen2 saya sudah banyak yang nyebut kota tapal kuda.. tapi tapal kuda dilihat dari letak kota jember (posisi jalan). suatu pola yang dibentuk dari probolinggo, lumajang, jember, situbondo🙂