Guru yang Humoris

Tugas dari dosen Bahasa Indonesia sewaktu kuliah di UNM. Membuat rangkuman dari artikel di koran atau internet. Pilihan saya jatuh pada judul “Mendambakan Guru yang Humoris”. Saya mengambil artikel ini dari internet, bisa di klik link Mendambakan Guru yang Humoris . Ini dia rangkuman artikelnya.

Rangkuman Artikel “Mendambakan Guru yang Humoris”

Guru humoris adalah guru yang pandai dalam menciptakan dan mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi para siswanya. Lelucon segar bisa dihubungkan dangan berbagai materi dalam pembelajaran. Apapun materinya dan bagaimanapun suasananya, guru yang humoris harus mampu nge-mix sebuah materi menjadi sesuatu hal yang menggelitik dan menggelikan. Tentu saja yang tidak boleh ditinggalkan adalah menyesuaikan materi dengan tingkat perkembangan usia siswanya. Sehingga, dengan suasana yang segar tersebut, pembelajaran menjadi menyenangkan dan mengasikkan.

Banyak teori yang menyarankan penerapan pembelajaran yang menyenangkan. Di antaranya Quantum Teaching, Quantum Learning, bahkan secara eksplisit juga sudah diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan. Semua ini dikembalikan pada guru tersebut. Salah satu tipe guru yang memenuhi syarat untuk hal tersebut adalah guru yang humoris. Secara umum guru yang humoris adalah sosok guru yang dekat di hati siswanya. Dengan kedekatan tersebut, ada kontribusi positif terhadap keberhasilan pembelajaran. Keteladanan dan penampilannya pasti diidolakan di kalangan siswanya. Begitu pula apa yang disampaikan oleh guru akan diterimanya dengan antusias dan perasaan yang menyenangkan.

Pengalaman pribadi selama bersekolah, banyak juga guru humoris yang menjadi idola saya, sehingga belajar menjadi lebih bersemangat dan materi yang diajarkan oleh guru bisa terserap dengan baik. Tidak masuk telinga kanan keluar telinga kiri, hehehe..

Pada artikel ini, menurut saya guru yang humoris merupakan termasuk dalam upaya pembaharuan pendidikan, yaitu tergolong kedalam pembaharuan tenaga kependidikan. Karena guru merupakan tenaga pendidik yang keberadaannya tidak bisa dipisahkan oleh peserta didik. Sehingga keberadaan guru yang humoris akan sangat dibutuhkan siswa untuk meningkatkan antusias belajarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s