Pesona Cangar

Akhirnya, setelah sekian lama keinginan saya berwisata ke Cangar tepenuhi juga. Minggu, 12 Juni 2011 pukul 07.00 WIB, saya berkumpul di kosan no 5 Jalan Cendrawasih Arjosari Malang. Nunggu temen-temen (Rofik, Irsan, Pandu) selesai siap-siap. Dan langsung cabut ke Macabre Mansions. Setelah semua berkumpul, kita berangkat menuju tempat tujuan, Cangar. Sebuah tempat wisata yang terletak di kota Batu, Jawa Timur.

Diseperempat perjalanan pertama tepatnya di depan wisata Sengkaling, Afkar berhenti untuk membeli RoGor ( Roti Goreng), hehe.. Buat ngganjel perut dulu soalnya dia belum sarapan. Setelah itu kita meneruskan perjalanan kembali. Ditengah perjalanan semua temen-temen pada heran dengan tulisan gede “Masjid Dijual bla bla bla”, hahaha.. Masak ada masjid dijual?? Mungkin itu hanya sebuah kata kias saja ya atau salah satu cara supaya orang-orang tertarik untuk mendapat pahala dengan berinfaq.

Jalan menuju Cangar itu satu arah dengan Wisata Selekta dan Wisata Coban Talun, tapi Cangar lebih jauh sedikit. Sungguh, udara di jalanan menuju Cangar sangat sejuuuuk, fresh, minim polusi, benar-benar suasana udara pegunungan. Selain udaranya yang sejuk, mata saya juga termanjakan oleh pemandangan yang indah, kanan kiri banyak ditumbuhi pohon apel, wortel, sawi, pinus, indah dueh…

Setelah kurang lebih 1,5 jam perjalanan kita sampai juga di Pemandian Air Panas Cangar. HTM nya tergolong murah, 1 orang 4000 itu sudah termasuk parkir. Nitip helm 1000, supaya lebih aman pastinya. Habis itu kita langsung menuju lokasi kolam renangnya.. Ya ampun.. Rame banget, padet bener kolamnya. Mungkin karena hari ini hari Minggu.. Tapi untungnya kita masih dapet tempat. Oh ya, disini terdapat 5 bagian kolam. 2 tempat buat renang (kecil + dewasa), lalu 3 tempat buat berendam (khusus wanita 1 tempat dan 2 untuk umum). Namanya juga Cangar, airnya pun hangat. Tapi yang lebih panas itu yang di tempat buat berendam. Katanya sih bisa buat nyembuhin penyakit kulit.

Nyemplung pertama di kolam renang, kecipak-kecipik selama kurang lebih 1 jam dan foto-foto juga, kita pindah ke tempat berendam. Disini enak banget, tubuh anget banget walaupun udara sekitar sangat dingin. Setelah puas berendam kita mentas dan ganti kostum ke toilet. Walaupun toiletnya banyak, tapi tetep aja masih antri, 1 kali masuk bayar 1000.

Selesai ganti baju kita lanjut ke acara selanjutnya yaitu menyusuri jogging track. Rutenya kurang lebih 2-3km. Jalan setapak, banyak pohon-pohon besar, rumput yang tinggi, suara burung-burung, dan hewan hutan yang lain membuat seolah-olah kita sedang di hutan belantara. Diawal-awal jogging track ini ada sebuah gua peninggalan Jepang, tapi kecil banget, dan kayaknya gua buatan, karena gelap gak ada lampunya kita gak jadi masuk, serem😀. Saran saya, kalo mau menyusuri jogging tracknya lebih baik dalam jumlah orang banyak karena tempatnya sepi banget, benar-benar senyap… Setelah sampai di finishnya jogging track, kita langsung pulang. Tapi sebelum itu kita beli dulu oleh-oleh khas Cangar, yaitu “Badek”, semacam sari dari tape ketan ireng. Enakk banget, membuat tenggorokan menjadi anget. Tapi ati-ati dengan Badek yang dicampur pemanis, ntar bisa batuk-batuk.

Di perjalanan pulang, kita mampir ke Warung Puncak, lokasi warung ini sungguh bagus, tepat di tepi jurang. Jadinya bisa lihat pemandangan yang wawww.. Bagus lah pokoknya. Menunya Rawon, Soto, Bakso, Oges Lecep, dll. Masakannya enak-enak juga, lumayanlah buat ngisi perut ini. Lanjut ke perjalanan pulang, ehh, tasnya Irsan ketinggalan di warung, jadi balik deh, hahaha.. Sementara nunggu dia ambil tas, saya membeli buah khas Batu, yaitu apel. Murah banget, 3-4kg Cuma 10000, tapi ukurannya kecil2. Gak apa-apa dah, yang penting manis. Setelah semua beres, kita balik ke kosan masing-masing.. Sekian perjalanannya semoga bermanfaat…

2 thoughts on “Pesona Cangar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s