BeCe

Sedikit bercerita masalah keseharian mahasiswa Prodip 1 Bea dan Cukai 2010. Khususnya yang kuliah di Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang. Jalan Ahmad Yani Utara 200, Arjosari, Malang. Awal saya menjalani masa perkuliahan disini sungguh tersuguhkan suasana yang berbeda dengan kampus sebelumnya. Ya, setahun sebelum kuliah di BC, saya menimba ilmu di Universitas Negeri Malang.

Dimulai dari OSPEK… Ospek di kampus pada umumnya, yang namanya Ospek itu pasti identik dengan tugas, dibentak-bentak, uji mental, tidur cuman paling lama 4 jam. Kalau di sini namanya bukan Ospek tapi Dinamika. Syarat utama yaitu harus potong rambut 1 – 3 cm, jadi bisa dibilang hampir gundul tuh, hhee.. Untuk tugas dan sebagainya lebih enak dibanding yang lain. Tapi tetep yang namanya masa perkenalan dimana-mana itu pasti mengesankan dan menyenangkan😀

Jadwal perkuliahan… Di tempat kuliah saya yang baru ini, jadwal kuliahnya sama kayak jaman SMA, cuman perbedaannya terletak pada jam istirahatnya. Kalau disini jam istirahat sama kayak orang kantoran, dari jam 12 siang sampai jam 1 siang. Dan pelajaran akan dimulai pukul 8 pagi sampai kadang pukul 3/ 4/ bahkan jam 5 sore. Hal yang berbeda dengan kampus yang lain yaitu disini tiap hari Senin sampai Jumat di pagi hari sebelum kuliah masuk, tepatnya jam 7.45 kita harus melaksanakan apel pagi. Kegiatan apel ini ditujukan supaya kita lebih disiplin, taat dan bisa melatih untuk bisa menjadi pemimpin.

Jenis mata kuliah… Karena saya jurusannya BC, yang dipelajari antara lain Kepabeanan, Cukai, Perdagangan Internasional, Klasifikasi Barang, Ilmu Hukum, Budaya Nusantara, Etika PNS, dan lain-lain.

Kegiatan lain-lain… Kegiatan yang salah satunya menarik bagi saya yaitu adanya LBB (Latihan Baris Berbaris) yang dilatih langsung oleh TNI AD, selama kuliah ini sudah 3 kali kita lakukan. Disamping itu, aktivitas yang juga kita lakukan adalah futsal, renang, badminton, voli, jogging, dan senam pagi. Satu lagi yang membuat lebih berwarna yaitu jalan-jalan😀

29 thoughts on “BeCe

  1. menarik jika dibahas…, terus mengenai kata kedisiplinan di Kawan2 BC yang katanya harus apel pagi apa ya hanya itu….??? dan Selian di atas mengenai peraturan yang harus di lakasanakan oleh kawan2 BC??? mungkin masih ada lagi misal dari segi peraturan asrama dan sebagainya???? Terima Kasih.

  2. selain apel pagi jdwl kul juga teratur mulai dri jam 8 mpe slsai.. lalu kalo ada kelengkapan yg g dbawa misal topi/ name tag harus diberi hkuman trgntng kesepakatan brsma.. trus tiap sebelum dan setelah menerima pelajaran juga harus memberi laporan.. misal.. lapor.. kls A jmlh 34 lengkp siap menerima pljrn.. itu mesti dlakukan..
    kalau peraturan yg lain standart, sma kyk kita pas sklh, rmbt g bleh pnjng dsb..
    Gak ada sistem asrama Fir, kita kost biasa ko..

  3. gak bisa renang gk pp.. renang harus bisa pas samapta. samapta itu dilakukan oleh pegawai bc yang baru 2 thn kerja atau lebih tergantung pemanggilan dari kantor pusat.. Jadi mulai dari sekarang masih banyak waktu buat belajar renang.. ketrima di bc jg?

  4. kesamaptaan itu ngapain aja..?
    dan berapa kali kesamaptaan itu dilakukan..?

    saya BC 2011, mohon bimbingannya, kak..

  5. kayak militer.. dilatih dari segi fisik, kata bapak2 dan ibu2 kalo gak ikut samapta itu bukan anak BC, haha.. waktunya 1-2bulan.. sekali seumur hidup. BC mana?

  6. Kesamaptaan apa buat seleksi mausk CTU ?
    itu ada pegawai bea cukai yang pakai baju biasa, pake kyk rompi “customs” + bersenjata . itu yang tugas apa mas ? kok gak pake bju dinas

  7. bukan, beda jalur.. kalo kesamaptaan itu wajib dilakukan semua pegawai BC, kalo CTU tergantung pemanggilan diklat dari pusat.
    yang pake rompi customs itu biasanya yang di bidang penindakan dan penyidikan, tugasnya menangkap pelanggar hukum. yang dinas luar biasanya gak pake baju dinas, istilahnya jadi seperti intel kayak di polisi..

  8. untuk masuk ke bea cukai ada banyak pilihan,
    bisa lewat STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), ini bisa setelah lulus SMA/SMK/MAN/STM.. ada Diploma I (DI) dan ada Diploma III (D III),
    atau juga bisa masuk melewati jalur S-1 (universitasnya bebas asal memenuhi persyaratan yang ditentukan pada saat pendaftaran).

  9. semacam pelatihan fisik dan mental yang dibina oleh kopasus/ tni au/ yang sejenisnya.. setiap pegawai BC wajib mengikuti samapta.. Untuk masalah renang itu gak jadi masalah besar, kalopun gak bisa sama sekali nanti masih dibina juga disana, kalau bisa gaya bebas udah bagus itu.

  10. Kak saya masih kelas 11 SMA saya pengen banget masuk STAN khususnya kepabeanan dan cukai, apakah susah masuk stan? Tips untuk bisa masuk stan seperti apa? Terimakasih doakan saya semoga bisa lolos dan jadi mahasiswa STAN 2016. Amin

  11. Halo Rina, wah jarang-jarang cewek yang berminat masuk jurusan Bea Cukai lho. Kalo pengen masuk STAN tips nya banyak-banyak belajar latihan soal USM STAN aja, untuk materinya di toko-toko buku biasanya sudah ada. Atau nyari di mbah google mungkin juga ada. Dan jaga kondisi tubuh sewaktu tes USM dilaksanakan. Jangan lupa berdoa🙂. Semoga tahun 2016 jadi mahasiswa STAN ya, amin.

  12. saya mau tanya nih. saya kan ingin masuk D1 BC nah itu kampusnya dmna aja? semisal tidak di Rawamangung Jakarta Timur

  13. Ada di setiap daerah yang ada balai diklat keuangannya. Ada medan, palembang, pekanbaru, cimahi, jogja, malang, bali, balikpapan, pontianak, makassar, manado.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s