Makalah Bahasa Indonesia Keilmuan

PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN NASIONAL

DI ERA GLOBALISASI

MAKALAH

Untuk memenuhi tugas matakuliah

Bahasa Indonesia Keilmuan

yang dibina oleh Bapak Prof. Dr. Imam Suyitno, M.Pd

Oleh

Sadam Febriansyah

209321423351

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

JURUSAN FISIKA

November 2009

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL

DAFTAR ISI…………………………..………………………………..…..…    i

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penulisan Makalah…………………….…………     01

1.2 Rumusan Masalah………….……………………….………………     01

1.3 Tujuan Penulisan Makalah…………………………………………     01

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pendidikan………………………………………..……     02

2.2 Pengertian Pendidikan Nasional………………………..…………       03

2.3 Pengertian Era Globalisasi………………………….…………….      03

2.4 Peningkatan Kualitas Pendidikan Nasional……………..………      04

BAB III PENUTUP

3.1 Simpulan…………………………………………………….….…….    05

3.2 Saran………………………………………………………..…………   05

DAFTAR RUJUKAN………………….………………………………….……    ii

BIOGRAFI

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pada zaman sekarang, teknologi semakin berkembang. Begitu juga dalam kehidupan manusia yang hidup serba modern. Sehingga berdampak pada dunia  pendidikan. Oleh karena itu, kualitas pendidikan nasional di Indonesia harus ditingkatkan. Hal ini bertujuan agar kualitas pendidikan nasional di Indonesia mampu bertahan dan berkembang pada era globalisasi ini. Serta pendidikan di Indonesia bisa bersaing dengan Negara yang lain. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia tidak langsung bisa mendapat kualitas yang sangat baik, tetapi semua itu membutuhkan proses. Seperti ungkapan yang sering kita dengar yaitu sedikit demi sedikit, lama kelamaan akan menjadi bukit.

1.2 Rumusan Masalah

Pada makalah ini, akan membahas beberapa pertanyaan yang merupakan masalah dari judul di atas, yaitu:

  1. Apakah yang dimaksud dengan pendidikan?
  2. Apakah yang dimaksud dengan pendidikan nasional?
  3. Apakah yang dimaksud dengan era globalisasi?
  4. Mengapa kualitas pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan?
  5. Bagaimana cara peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia?

1.3 Tujuan Penulisan Makalah

Penulisan makalah ini bertujuan untuk:

  1. Mengetahui pengertian pendidikan.
  2. Mengetahui pengertian pendidikan nasional.
  3. Mengetahui pengertian era globalisasi.
  4. Mengetahui alasan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
  5. Mengetahui cara peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Pendidikan

Di bawah ini adalah macam-macam pengertian pendidikan:

  1. Indrakusuma (1990:20) menarik kesimpulan sebagai berikut: Bahwa pendidikan itu tidak lain adalah merupakan suatu usaha daripada manusia.Bahwa usaha itu dilakukan atau dilaksanakan secara sadar.Bahwa usaha itu dilakukan oleh orang-orang yang merasa harus bertanggung jawab kepada hari depan anak.Bahwa usaha itu selalu menuju ke arah suatu tujuan tertentu.Bahwa usaha itu perlu dilaksanakan secara teratur dan sistimatis.
  2. Kamus Bahasa Indonesia(1991:232) menyatakan bahawa Pendidikan berasal dari kata “didik”, lalu kata ini mendapat awalan kata “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.
  3. Menurut bahasa Yunani,”pendidikan berasal dari kata ‘pedagogi’ yaitu kata ‘paid’ artinya ‘anak’ sedangkan ‘agogos’ yang artinya membimbing sehingga ‘pedagogi’ dapat di artikan sebagai ‘ilmu dan seni mengajar anak’”.
  4. Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara”.
  5. Wikipedia menyatakan bahwa: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

2.2 Pengertian Pendidikan Nasional

M. Noor Syam (1998:218) menyatakan bahwa pendidikan nasional adalah pelaksanaan pendidikan suatu Negara berdasarkan kepada sosio-kultural, sosio-psikologis, sosio-ekonomis, dan sosio-politis. Pelaksanaan pendidikan nasional biasanya tidak selamanya harus diselenggarakan oleh  negara, oleh pemerintah, kecuali di negara-negara system otoriter, khususnya negara komunis, karena prinsip-prinsip kebebasan individu tidak ada, maka semua pendidikan, public education diselenggarakan oleh negara.

Menurut UU No.20 Tahun 2003 menyatakan bahwa “Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman”.

2.3 Pengertian Era Globalisasi

Era globalisasi ditandai dengan persaingan sangat kuat dalam bidang teknologi, manajemen, dan sumber daya manusia (SDM). Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan penguasaan teknologi agar dapat meningkatkan nilai tambah, memperluas keragaman produk (barang/jasa), dan mutu produk. Keunggulan manajemen akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses peningkatan mutu pendidikan di tanah air. Sedangkan keunggulan SDM akan menentukan kelangsungan hidup, perkembangan, dan pemenangan persaingan pada era global ini secara berkelanjutan dengan dukungan teknologi dan manajemen yang kuat, sebagai ciri khas sekolah efektif.

Menurut kamus Bahasa Inggris Longman Dictionary of Contemporary English, mengartikan global dengan concerning the whole earth. Sesuatu hal yang berkaitan dengan dunia, internasional, atau seluruh alam jagat raya. Sesuatu hal yang dimaksud di sini dapat berupa masalah, kejadian, kegiatan bahkan sikap. Jadi pengertian global memiliki pengertian menyeluruh, di mana dunia ini tidak lagi dibatasi oleh batas negara, wilayah, ras, warna kulit dan sebagainya.

2.4 Peningkatan Kualitas Pendidikan Nasional di Indonesia

Pembuktian bahwa kita tidak ketinggalan jaman bukan harus dengan membeli suatu produk terbaru yang tercipta dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia saat ini, melainkan dengan berusaha untuk menciptakan sesuatu yang baru lebih daripada yang ada saat ini.

Inilah hakekat dari makna daya saing bangsa yang menjadi tuntutan di era globalisasi ini. Generasi muda Indonesia harus menyadari bahwa bukan saatnya lagi kita menjadi konsumtif melainkan sudah saatnya semua orang Indonesia menjadi produktif.

Bukanlah sesuatu yang sulit untuk mengembangkan daya saing bangsa jika saja sistem pendidikan bangsa ini menjadi prioritas dari semua pihak. Namun, kenyataannya semua itu jauh dari mimpi. Dunia pendidikan masih dijadikan proyek dan seolah-olah sengaja dibendung agar tidak mengancam pimpinannya. Akhirnya generasi penerus bangsa Indonesia hanya akan menjadi generasi yang kerdil dan siap-siap untuk diinjak-injak bangsa lain.

Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah :
1. Menumbuhkan kesadaran bahwa bangsa ini mau tidak mau sudah berada di era persaingan.

2. Menggunakan sistem pendidikan berbasis kompetensi yang sungguh-sungguh.

3. Menjaga kontinuitas dan eksistensi peran anak bangsa.

4. Berorientasi pada pencapaian hasil dan dampaknya.

5. Berbasis pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

6. Bertolak dari Kompetensi Tamatan/ Lulusan.

7. Memperhatikan prinsip pengembangan kurikulum yang berdiferensiasi.

8. Mengembangkan aspek belajar secara utuh dan menyeluruh (holistik), serta

9. Menerapkan prinsip ketuntasan belajar. (Swara Ditpertais: No. 17 Th. II, 18 Oktober 2004).

BAB III

PENUTUP

3.1 SIMPULAN

Dari pembahasan di atas tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan Nasional di Era Globalisasi, maka dapat ditarik simpulan bahwa Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Dan era globalisai adalah masa yang menyeluruh, dimana dunia ini tidak lagi dibatasi oleh batas negara, wilayah, ras, warna kulit dsb. Sehingga kualitas Pendidikan di Indonesia harus ditingkatkan supaya bangsa Indonesia tidak tertinggal oleh adanya globalisasi. Dengan banyak cara peningkatan kualitas pendidikan maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan mampu bertahan pada era globalisasi ini.

3.2 SARAN

Hal-hal yang saya sarankan adalah bangsa Indonesia harus meningkatkan kualitas pendidikannya dengan baik supaya Indonesia bisa bersaing dengan Negara yang lain dalam bidang pendidikan khususnya. Dan kita sebagai generasi penerus bangsa harus melaksanakan tugas dengan baik, dengan cara mendukung terus program pendidikan yang bermanfaat bagi semuanya.

DAFTAR RUJUKAN

Yudithsandri. 2009. Arti Pendidikan Dalam Meningkatkan Daya Saing Anak Bangsa, (Online), (http://blog.beswandjarum.com/yudithsandri/http:/blog.beswandjarum.com/yudithsandri/arti-pendidikan, diakses 12 November 2009).

Jenny. 2009. Peran Pendidikan Global dalam Pembelajaran IPS, (Online),(http://jenny.staff.fkip.uns.ac.id/2009/09/18/peran-pendidikan-global-dalam-pembelajaran-ips-sd/, diakses 12 November 2009).

Indrakusuma, Amir Daren. 1990. Pengantar Ilmu Pendidikan.Malang: IKIP Malang.

Syam, M. Noor. 1998. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Arifin, Zaenal. 2008. Pendidikan Nasional sebagai Pengiring Kebudayaan (Online),(http://images.derizzain.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SAcWigoKCn0AACIvFVc1/Pendidikan%20Nasional%20Sebagai%20Pengiring%20Kebudayaan%20Nasional.rtf?nmid=91609040., diakses 3 November 2009).

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional: Fokusmedia.

Daryanto, S. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.

BIOGRAFI

Sadam Febriansyah merupakan anak ke-3 dari 3 bersaudara. Ia dilahirkan di Malang, Jawa Timur pada 23 Februari 1991. Setelah menamatkan sekolah di TK Dharma Wanita Kasembon, ia melanjutkan sekolah di SD Negeri Kasembon 1 selama 6 tahun. Setelah itu, ia melanjutkan studi di SMP Negeri 1 Kasembon selama 3 tahun. Pada tahun 2009, ia telah menamatkan pendidikannya di SMA Negeri 2 Pare. Dan sekarang, ia sedang menempuh program Sarjana Pendidikan Fisika di Universitas Negeri Malang.

Prestasi-prestasi yang pernah diraihnya adalah Terbaik 2 Jumbara PMR tingkat Provinsi, Terbaik 2 Duta Anti Narkoba Kabupaten Kediri, menjadi perwakilan dari SMAN 2 Pare untuk mengikuti beberapa seminar, dan Terbaik 3 Jumbara PMR Kabupaten Kediri. Selain itu, juga menjadi ketua OSIS SMPN 1 Kasembon dan menjadi Ketua Umum PMR Wira SMAN 2 Pare. Dan aktivitas semasa kuliah untuk sampai saat ini yaitu mengikuti  seleksi PKM Universitas, dan menjadi anggota LSO Gema Suara Cipta 5.

3 thoughts on “Makalah Bahasa Indonesia Keilmuan

  1. Maaf, pada daftar isi, tulisannya kurang lurus,dah diutak atik tetep aj g berubah,hehehee….
    mohon bimbingannya jika ada kesalahan..
    trmksh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s